Selasa, 24 April 2012

Komposit Band




Resume Praktikum 1
 Pengelolaan Citra Digital adalah
·   Proses memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau computer
· Teknik pengolahan citra dengan mentrasformasikan citra menjadi citra lain, contoh : pemampatan citra (imagecompression)
·   Pengolahan citra merupakan proses awal  (preprocessing) dari komputer visi.

Sumber energi yang dihasilkan dari cahaya matahari terpantulkan oleh permukaan bumi dan mengalami interaksi dengan objek kajian, dalam interaksi ini pantulan cahaya memiliki radiasi dan atmosfer di tanggkap oleh satelit yang sehingga terjadi proses sistem pencitraan udara yang menghasilkan foto udara dengan metadata yang sesuai dengan kondisi saat pencitraan satelit berlangsung, proses ini sering disebut perekam energi sensor yang menyimpan segala bentuk foto udara yang di rencanakan dan langsung di tranmisi ke stasiun bumi yang menyimpan data. Dari stasium bumu ini foto udara dapat dikaji lebih lanjut dalam suatu fokusan tertentu, seperti pada pengunaan lahan, perikanan, kehutanan, pertanian dan fokusan lain yang dalap di aplikasikan langsung dengan kehidupan langsung. untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 1 (bagaimana sistem inderaja bekerja).

 
Sistem Pencitraan

sisem ini digunakan untuk mengetahiu kondisi esisting pada permukaan bumi dimana terdapat beberapa alat sensor yang dapat menghimpun metadata yang dibutuhkan.  foto Udara yang lebih jelasnya ada pada gambar 1 yang posisi pojok kiri atas, sedangkan gambar sebelah kiri pojok bawah itu menggambarkan sensor yang menagkap gelombang sehingga dapat terpancarkan gembaran permukaan bumi yang di tranformasikan kedalam 2 dimensi. dimana gambar 2 dimensi itu yang tergambarkan pada gambar bagain kanan adalah informasi yang ada di peta foto Udara tersebut.

Penginderaan Jauh Satelit
Satelit : Wahana atau media yang dirancang untuk dapat diterbangkan pada suatu objek  diluar atmosfir bumi.

Kegunaan satelit :
- Pembawa sensor
- Penghubung komunikasi antar stasiun dibumi
Satelit pada awalnya digunakan untuk mengetahui keadaan atmosfir bumi.


Komposit Band
 
Komposit band 3,2,1 merupakan true color composite atau warna sebenarnya yang ada di permukaan bumi (natural color) sedangkan komposit band 4,5,3 merupakan false color compositeatau warna yang bukan sebenarnya yang ada di permukaan bumi.


Vegetasi (Objek Area)
Pada komposit band 3,2,1 tutupan vegetasi ditunjukan dengan warna hijau atau bisa dikatakan sesuai dengan warna yang tampak jika dilihat dengan mata sedangkan pada komposit band 4,5,3 tutupan vegetasi dtandai dengan warna jingga.
Lahan Terbangun (Objek Area)
Pada komposit band 3,2,1 lahan terbangun ditandai dengan warna asli sesuai keadaan di lapangan. Dari citra diatas dapat dilihat bahwa warna dari lahan terbangun adalah warna coklat sesuai dengan warna genting rumah/bangunan. Pada komposit band 4,5,3 lahan terbangun ditandai dengan warna biru mudah dengan rona cerah. Kelebihan dari kompositband 4,5,3 untuk interpetasi lahan terbangun adalah dari ronanya. Semakin cerah rona dari warna biru maka lahan terbangun yang ada semakin padat, sedangkan semakin gelap rona dari warna biru maka lahan terbangun yang ada semakin jarang.

Jalan (objek garis)
1: Pada komposit band 3,2,1 kenampakan objek garis berupa jalan tidak dapat dilihat dan diindentifikasi. Objek jalan yang tampak pada komposit band 3,2,1 telihat tersamarkan oleh objek area berupa lahan terbangun jadi tidak dapat dibedakan satu sama lainnya.
2: Pada komposit band 4,5,3 kenampakan objek garis berupa jalan terlihat cukup jelas dan dapat dibedakan dengan kenampakan objek area berupa lahan terbangun. Jalan ditunjukan dengan sebuah garis melintang dengan warna biru berona gelap.
Perbedaan secara Sistematis

Komposit Band 3,2,1
Komposit Band 4,5,3
Objek Vegetasi (area)
Sesuai warna yang ada di lapangan (hijau)
Jingga
Objek Lahan Terbangun (area)
Sesuai warna yang ada di lapangan (coklat untuk genting)
Warna biru; semakin padat lahan terbangun di suatu daerah rona yang terbentuk semakin cerah dan sebaliknya
Objek Jalan (area)
Tidak dapat dibedakan /tersamarkan dengan objek lahan terbangun
Dapat dibedakan dengan objek lahan terbangun
kiri : komposit 3,2,1
kanan : komposit 4,5,3



0 komentar:

Posting Komentar